Resensi Novel “Sakit 1/2 Jiwa”

1. -adminPendahuluan
Identitas Buku :
• Judul Buku : Sakit ½ jiwa.
• Nama Pengarang : Endang Rukmana.
• Penerbit : Gagas Media.
• Tahun Terbit : 2006.
• Tebal Buku : 254 halaman.
• Harga Buku : Rp 25.000,00.

2. Resensi .
• Sinopsis Buku
Bobi seorang pemuda botak mendapatkan wangsit dari seorang kakek yang hadir dalam mimpinya untuk mencari ari-ari Bobi yang menurutnya merupakan separuh jiwa Bobi. Berbekal dengan buku harian dari almarhum ayahnya, Bobi melakukan eksepedisi untuk mencari putri dari selatan dan separuh jiwanya itu. Ekspedisi itu dilakukan dengan mengadakan perjalanan ke Sasaka Domas, yaitu tempat yang dikeramatkan oleh orang Baduy. Ditengah perjalanan menuju Baduy banyak hal yang membuat Bobi belajar dari pengalaman. Ekspedisi yang awalnya hanya ingin dilakukan dengan sendiri menjadi berubah ramai karena hadirnya teman-teman pecinta alam dari kampusnya, Om Rys, Monda (Kekasih Bobi),dan Susi (Gadis yang ditemui Bobi di Baduy). Ekspedisi yang seru dan menarik, sampai pada malam terakhir di Sasaka Domas, muncul seekor harimau putih, yang masuk ke dalam raga Bobi. Menurut masyarakat Baduy, roh tersebut merupakan penjelmaan dari ari-ari Bobi. Akhirnya Bobi disarankan untuk mandi di laut selatan. Dan disanalah Bobi menemukan jodohnya, Putri selatan yaitu Monda.

• Komentar Bahasa Pengarang
Bahasa yang digunakan pengarang adalah bahasa yang ringan sehingga dapat dimengerti oleh pembaca. Banyak bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga kita seperti ikut terlibat di dalamnya.

• Unsur Intrinsik Buku
a. Tema
Tema yang diambil adalah Komedi
b. Alur
Alur yang digunakan adalah alur maju.
c. Penokohan
Penokohan pada buku ini digambarkan oleh pengarang denagan sangat jelas. Melalui ciri-ciri fisik maupun penggambaran sifat .
d. Sudut Pandang Pengarang (Point Of View)
Pada buku ini, Pengarang berlaku sebagai orang ketiga. Ia tidak terlibat langsung di dalam cerita.
e. Amanat
Amanat yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah, Belajar dari pengalaman adalah guru yang paling berharga.

• Kelebihan dan Kekurangan Buku
a. Kelebihan Buku
Buku ini sangat menarik, penuh semangat dan petualangan. Bahasa yang digunakan sangat menarik. Dan pendeskripsian suatu latarnya sangat tepat, seolah kita ikut berpetualang bersama.
b. Kekurangan Buku
Pada awal cerita, penggambaran tokohnya sangat umum sehingga kita hanya terpaku oleh satu karakter.

One response to “Resensi Novel “Sakit 1/2 Jiwa”

  1. Pingback: contoh meresensi novel « xiipa1galihrp

Leave a comment